Senin, 08 April 2013

MACAM-MACAM SKEMA


SKEMA ORGANISASI
1.       SKEMA ORGANISASI PIRAMIDA, (PYRAMID), BENTUK INI MEMPERLIHATKAN BENTUK STRUKTUR ORGANISASI YANG PIRAMIDA DIMANA GARIS KEKUASAAN DITENTUKAN DARI ATAS KE BAWAH KECUALI DALAM BENTUK FUNGSIONAL ATAU STAFF.
 






2.       SKEMA ORGANISASI MENDATAR (HORIZONTAL), SKEMA INI SAMA SAJA DENAGN SKEMA ORGANISASI YANG TEGAK LURUS EMNGENAI PEMBAGIAN KEKUASAAN DARI PIMPINAN PADA BAWAHAN, HANYA SAJA CARA PEMBUATANNYA DARI SAMPING KIRI KE SAMPING KANAN SEOLAH-OLAH SEDERAJAT TAPI SEBENARNYA KOMANDO DARI PIMPINAN YANG ADA DISAMPING KITA.
 








3.       SKEMA ORGANISASI LINGKARAN (CIRCULAR), DALAM BENTUK INI PIMPINAN DI TENGAH YANG MERUPAKAN CENTER PENGLIHATAN, SEHINGGA SEKOP ATAU KEKUASAAN KELIHATAN JELAS, DEMIKIAN JUGA HUBUNGAN SANGAT ERAT SEHINGGA KOORDINASI KAGIATAN DAPAT DENGAN MUDAH DILAKSANAKAN.
 















4.       SKEMA ORGANISASI TEGAK LURUS (VERTIKAL), BENTUK SKEMA INI HAMPIR SAMA DENGAN BENTUK PIRAMIDA, AKAN TETAPI DISAMPING ADA GARIS LURUS UTAMA, PADA BAGIAN STAFF TERDAPAT PARA BAWAHAN YANG MENDAPAT PERINTAH DARI ATAS SECARA LANGSUNG SEHINGGA BENTUKNYA SIMETRIS LURUS KE ATAS MAUPIN KE BAWAH






























STRUKTUR ORGANISASI INTERNAL
1.       LINI
Organisasi lini adalah bentuk organisasi yang didalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan dan bawahan.

Ciri-ciri :
a.       jumlah karyawan sedikit
b.      selain top manajer, manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana
c.       sarana dan alatnya terbatas
d.      hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung
e.      bentuk lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah sebagai top manajer
Kebaikannya :
a.       atasan dan bawahan dihubungkan dengan satu garis komando
b.      rasa solidaritas dan spontanitas seluruh anggota organisasi besar
c.       proses decision making berjalan cepat
d.      disiplin dan loyalitas tinggi
e.      rasa saling pengertian antar anggota tinggi
Keburukannya :
a.       ada tendensi gaya kepemimpinan otokratis
b.      pengembangan kreatifitas karyawan terhambat
c.       tujuan top manajer sering tidak bisa dibedakan dengan tujuan organisasi
d.      karyawan tergantung pada satu orang dalam organisasi




ATAU




2.       LINI DAN STAFF
Organisasi lini dan staff adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang berlangsung secara vertikal dan sepenuhnya dari pucuk pimpinan ke kepala bagian di bawahnyaserta masing-masing pejabat, manajer ditempatkan satu atau lebih pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasihat, misalnya masalah kearsipan, keuangan, personel, dan sebagainya.


Ciri-ciri :
a.       Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya secara langsung
b.      Karyawan banyak
c.       Organisasi besar
d.      Ada dua kelompok kerja dalam organisasi sehingga ditekankan adanya spesialisasi : personel lini dan personel staff
Kebaikannya :
a.       Ada pembagian tugas yang jelas
b.      Kerjasama dan koordinasi dapat dilaksanakan dengan jelas
c.       Pengembangan bakat segenap anggota organisasi terjamin
d.      Staffing dilaksanakan sesuai dengan prinsip the right man on yhe tight place
e.      Bentuj organisasi ini fleksibel untuk diterapkan
Keburukannya :
a.       Tugas pokok orang-orang sering dinomorduakan
b.      Proses decision making berliku-liku
c.       Jika pertimbangan tidak terkontrol maka sering menimbulkan nepotism spoil system patronage
d.      Persaingan tidak sehat antara pejabat yang satu dengan pejabat yang lainnya.

 




keterangan :                   posisi          individu atau unit organisasi
                                                                          wewenang lini
                                                                          wewenang staff
ATAU







3.       FUNGSIONAL
Organisasi fungsional adalah suatu organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kapada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.

Ciri-ciri :
a.       Organisasi kecil
b.      Di dalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
c.       Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
d.      Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
e.      Pengawasan dilakukan secara ketat
Kabaikannya :
a.       Program terarah, jelas, dam cepat
b.      Anggaran, personalia, dan sarana tepat dan sesuai
c.       Kenaikan pangkat pejabat fungsional cepat
Keburukannya :
a.       Pejabat funsional bingung dalam mengikuti prosedur administrasi
b.      Koordinasi sulit dilaksanakan
c.       Pangkat pejabat fungsional lebih tinggi dibandingkan kepala unit sehingga inspeksi sulit dilaksanakan

 

                                                                            
                                                                             ATAU


4.        FUNGSIONAL DAN GARIS
Organisasi fungsional dan garis adalah bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian di bawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.

Ciri-ciri :
a.         Tidak tampak adanya pembedaan tugas pokok dan bantuan
b.         Spesialisasi secara praktis pada pejabat fungsional
c.          Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eleson

Kebaikannya :
a.        Solidaritas tinggi
b.       Disiplin tinggi
c.        Produktivitas tinggi karena spesialisasi dilaksanakan maksimum
d.       Pekerjaan-pekerjaan yang tidak rutin atau teknis tidak dikerjakan

Keburukannya :
a.       Kurang fleksibel dan tour of duty
b.      Pejabat fungsional akan mengalami kebingungan karena dikoordinasikan oleh lebih dari satu orang
c.       Spesialisasi memberikn kejenuhan









5.       MATRIK
Organisasi matrik disebut juga sebagai organisasi manajemen proyek yaitu organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukkan dimana para spesialis yang mempunyai keterampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus dikerjakan.

Kelebihannya :
a.         Fleksibilitas dan kemampuannya dalam memperhatikan masalah-masalah yang khusus maupun persoalan teknis yang unik serta pelaksanaan kehiatan organisasi matrik tidak mengganggu struktur organisasi ada.

Keburukannya :
a.         Akan timbul masalah apabila manajer proyek tidak bisa mengkoordinir dari berbagai bagian yang berbeda tersebut sehingga dapat menghadapikesulitan dalam mengembangkan team yang terpadu dikarenakan penyimpangan pelaksanaan kesatuan perintah dimana satu pimpinan untuk masing-masing individu.

Solusi :
a.         Untuk mengatasi kesulitan yang mungkin timbul, maka manajer proyek biasanya diberi wewenang khusus yang penting, misalnya : menentukan gaji, mempromosikan atau melakukan perlakuan personalia yang merugikan anggota kalau selama proyek berlangsung melanggar peraturan yang telah ditetapkan manajer proyek.





6.         KOMITE
Organisasi komite adalah bentuk organisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajemen.

Organisasi komite terdiri dari :
a.       Executive committe ( pimpinan komite ), yaitu para anggotanya mempunyai wewenang lini
b.      Staff committe, yaitu orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staff

Kebaikannya :
a.      Pelaksanaan decision making berlangsung baik karena terjadi musyawarah dengan pemegang saham maupun dewan
b.      Kepemimpinan yang bersifat otokratis sangat kecil
c.       Dengan adanya tour of duty maka pengembangan karier terjamin

Keburukannya :
a.       Proses decision making sangat lamban
b.       Biaya operasional rutin sangat tinggi
c.        Apabila ada masalah sering kali terjadi penghindaran siapa yang bertanggung jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar